Mengenal Bagian Bagian Mesin Bubut

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai bagian – bagian mesin bubut, hanya saja sebelum saya mulai menulis dan menerangkannya. Terlebih dahulu akan saya berikan sedikit informasi mengenai pengertian mesin bubut. Seperti info yang sudah and abaca pada artikel sebelumnya, mesin bubut adalah suatu mesin perkakas yang berfungsi untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri memiliki arti suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Biasanya mesin ini digunakan untuk memotong bidang datar yang agak besar. Atau membuat dan mencetak kelengkapan pvc yang terbuat dari bahan plastik.
Memang tidak semua ukuran tersebut disesuaikan dengan besarnya kebutuhan. 

Bagian Mesin Bubut
Bagian Mesin Bubut

Apabila ingin pesan dengan ukuran khusus maka sebaiknya lakukan pengenalan alat terlebih dahulu. Kami akan memberikan pelayanan dengan baik dan memberikan produk sesuai pesanan. Karena terkadang ada ukuran tertentu yang jarang ada di toko bahan material. Untuk itu anda perlu memastikan ukuran terlebih dahulu sebelum pesan secara khusus pada kami. Adapun bagian – bagian mesin bubut antara lain berupa kepala tetap, kepala lepas, alas mesin dan eretan. Kepala tetap merupakan bagian pokok dari mesin ini. Letakkan berada paling kiri. Dari sinilah semua alat bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Kepala lepas yakni berupa anakan kepala tetap yang berada pada mesin. Letaknya berada di sebelah kanan mesin. Alas mesin merupakan alas yang berada pada mesin. Disinilah semua alat diletakkan. Kemudian eretan adalah alat yang digunakan untuk melakukan proses pemakanan pada benda kerja. Dengan eretan inilah semua benda bisa dibubut sesuai dengan keinginan.

Bagian – bagian mesin bubut yang ada pada mesin dipasang dan disesuaikan dengan kebutuhan. Baik dari segi ukuran, bentuk dan model harus sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memasang ukuran alas mesin dengan yang lebih besar. Atau jika perlu cukup pasang yang agak kecil saja agar lebih praktis. Mesin yang memiliki pekerjaan lebih banyak butuh penggantian spare part secara berkala agar kondisi mesin bias stabil dan tidak mudah rusak. Sebab sebuah mesin dapat saja mengalami aus dan penghalusan mesin apabila digunakan secara terus menerus. Misalnya bagian kepala lepas dan eretan. Keduanya akan mengalami kerusakan secara berkala akibat perlakuan kerja setiap hari. Hanya saja waktu kerusakan tidak setiap hari, atau hanya sesuai dengan usia pemakaian saja. Jika digunakan setiap hari maka per bagian akan mengalami aus tiap tahun. Jadi tiap tahun harus mengganti dengan yang baru. Untuk harga per bagian ini tidak mahal, jadi masih sangat terjangkau dan cukup untuk bekerja

Apabila anda memahami bagian – bagian mesin bubut dengan baik maka anda dapat juga memperlakukan mesin ini dengan baik pula. Sebab per bagian mesin akan membutuhkan waktu dan perawatan yang cukup lumayan. Untuk itu teruslah melakukan pengenalan dengan mesin agar kinerja mesin dapat juga lebih baik. 

Demikian sedikit hal yang bisa saya sampaikan mengenai bagian – bagian mesin bubut ini. Perlakuan mesin dan manusia memiliki prinsip yang sama dalam memperlakukan mesin dan manusia akan membuat anda lebih mudah memahami sebuah mesin. Nah, agar mesin anda tetap awet dan tahan lama sebaiknya terus lakukan perawatan yang baik terhadapat mesin. Semoga bermanfaat.