Jenis Jenis Alur dan Mata Pahat Mesin Bubut

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai jenis- jenis alur yang terdapat pada mesin bubut. Alur yang dimaksud bukan mengenai pembelajaran Bahasa Indonesia ya, namun lebih kepada alur jalan gerak yang terdapat pada mesin. Biasanya alur mesin terdapat 3 jenis yakni alur kotak, alur melingkar dan alur V untuk ulir Baut. Semua jenis alur ini disesuaikan dengan seri dan tipe mesin. Sebab tiap mesin memiliki kemampuan dan fungsi yang berbeda. Perlu anda ketahui bahwa mesin bubut adalah suatu mesin perkakas yang berfungsi untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri memiliki arti suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Untuk itu kinerja bubut sendiri tidak dapat dilakukan secara sendiri. Perlu adanya tim agar hasil yang diperoleh dari proses bubut ini dapat bekerja secara maksimal.


Mata Pahat Mesin Bubut dan Bentuk Alur
Mata Pahat Mesin Bubut dan Bentuk Alur



Keberadaan mesin bubut sekarang ini sangat beragam sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Tidak heran jika kehadiran jenis- jenis alur juga mengalami beragam perubahan. Perlu anda ketahui bahwa mesin bubut adalah suatu mesin perkakas yang berfungsi untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri memiliki arti suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Untuk itu kinerja bubut sendiri tidak dapat dilakukan secara sendiri. Perlu adanya tim agar hasil yang diperoleh dari proses bubut ini dapat bekerja secara maksimal.


Proses pemasangan alur berbeda sesuai dengan jenis- jenis alur yang hendak digunakan. Misalnya jenis alur kotak untuk memotong dan membentuk. Sedangkan untuk alur lingkar bisa dengan membentuk profil ulir dan semacamnya. Sebenarnya semua bentuk alur bisa digunakan untuk beragam kegiatan dan pekerjaan hanya saja jika bentuk alur disesuaikan maka hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal. Semua bagian mesin bubut tersebut sudah terlihat jelas dan disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila anda ingin memiliki mesin yang awet dan tahan lama maka sebaiknya rawat dan pelihara mesin dengan sebaik- baiknya. Caranya dengan melakukan pembersihan tiap sebelum atau sesudah pemakaian. Hal ini dilakukan agar kondisi mesin dapat terjaga dengan baik. Kemudian pemberian oli harus dilakukan secara berkala dengan rutin. Hampir semua bagian pada mesin bubut ini sangat berguna dan saling melengkapi. Sehingga jika ada salah satu yang rusak maka akan mempengaruhi kinerja bagian lain. Tiap bagian sebaiknya rajin dibersihkan secara berkala agar tidak mudah karatan. Mesin yang berkarat akan mudah rusak dan tidak berguna.

Berdasarkan pengertian mesin bubut yang sudah saya sampaikan diatas. Maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa jenis- jenis alur yang terdapat pada mesin dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Baik untuk alur kotak, bundar dan bentuk V ketiganya butuh perlakuan khusus. Misalnya untuk pembersihan, perawatan dan penggantian spare part. Pada bagian bagian mesin juga harus dilakukan pembenahan agar dapat bekerja dengan baik dan sesuai rencana.

Demikian sedikit hal yang bias saya sampaikan mengenai jenis- jenis alur ini. Apabila anda membutuhkan mesin atau beberapa benda pendukung lain maka sebaiknya segera hubungi kami sekarang juga. Apabila anda ingin lebih terampil dalam menggunakan mesin ini maka sebaiknya terus berlatih setiap hari secara berkala agar anda semakin terampil. Semoga artikel ini bermanfaat.