Bagian Mesin Bubut

Tidak berbeda dengan artikel sebelumnya. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit penjelasan mengenai bagian mesin bubut yang perlu anda kenal. Sebelum masuk pada bagian ini sebaiknya anda tahu terebih dahulu apa itu mesin bubut. Mesin bubut adalah suatu mesin perkakas yang berfungsi untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri memiliki arti suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Seperti halnya dengan desain dan model ini juga akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Beragam mesin sekarang ini sudah dikenal cukup baik bagi penggunanya. Baik yang berupa mesin manual maupun dengan kondisi mesin yang menggunakan basik otomatis yang dapat menerima perintah dengan angka- angka.

Bagian Mesin Bubut
Bagian Mesin Bubut

Mesin bubut ini memiliki bagian- bagian berupa kepala tetap, kepala lepas, alas mesin dan eretan. Adapun bagian mesin bubut antara lain berupa kepala tetap, kepala lepas, alas mesin dan eretan. Kepala tetap merupakan bagian pokok dari mesin ini. Letakkan berada paling kiri. Dari sinilah semua alat bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Kepala lepas yakni berupa anakan kepala tetap yang berada pada mesin. Letaknya berada di sebelah kanan mesin. Alas mesin merupakan alas yang berada pada mesin. Disinilah semua alat diletakkan. Kemudian eretan adalah alat yang digunakan untuk melakukan proses pemakanan pada benda kerja. Dengan eretan inilah semua benda bisa dibubut sesuai dengan keinginan. Memang tidak semua ukuran tersebut disesuaikan dengan besarnya kebutuhan.

Bagian mesin bubut yang ada pada mesin dipasang dan disesuaikan dengan kebutuhan. Baik dari segi ukuran, bentuk dan model harus sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memasang ukuran alas mesin dengan yang lebih besar. Atau jika perlu cukup pasang yang agak kecil saja agar lebih praktis. Mesin yang memiliki pekerjaan lebih banyak butuh penggantian spare part secara berkala agar kondisi mesin bias stabil dan tidak mudah rusak. Sebab sebuah mesin dapat saja mengalami aus dan penghalusan mesin apabila digunakan secara terus menerus. Misalnya bagian kepala lepas dan eretan. Keduanya akan mengalami kerusakan secara berkala akibat perlakuan kerja setiap hari. Jika digunakan setiap hari maka per bagian akan mengalami aus tiap tahun. Untuk itu anda harus mengganti dengan yang baru tiap tahun.


Hampir semua bagian pada mesin bubut ini sangat berguna dan saling melengkapi. Sehingga jika ada salah satu yang rusak maka akan mempengaruhi kinerja bagian lain. Tiap bagian sebaiknya rajin dibersihkan secara berkala agar tidak mudah karatan. Apabila anda memahami bagian mesin bubut dengan baik maka anda dapat juga memperlakukan mesin ini dengan baik pula. Sebab per bagian mesin akan membutuhkan waktu dan perawatan yang cukup lumayan. Untuk itu teruslah melakukan pengenalan dengan mesin agar kinerja mesin dapat juga lebih baik. Semua bagian mesin bubut tersebut sudah terlihat jelas dan disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila anda ingin memiliki mesin yang awet dan tahan lama maka sebaiknya rawat dan pelihara mesin dengan sebaik- baiknya.

Demikian sedikit hal yang bisa saya sampaikan mengenai bagian mesin bubut ini. Apabila anda membutuhkan mesin atau beberapa benda pendukung lainnya maka sebaiknya segera hubungi kami sekarang juga. Bisa tinggalkan pesan pada website ini atau hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat.